• MUJIALAM
    MUJIALAM

    Apabila saya terpilih sebagai Kepala Desa Pelem, saya siap melayani masyarakat, menuju Desa Pelem yang bermartabat serta menjunjung tinggi nilai norma dalam bermasyarakat yang berazaskan Gotong royong dan Guyub Rukun .

    1.      PEMBANGUNAN FISIK

     

    a.      Alokasi Dana Desa (ADD)

    ·       Adanya transparansi dalam pengelolahan Alokasi Dana Desa (ADD),  dimaksudkan guna setiap warga masyarakat Desa Pelem mengetahui setiap ADD setiap tahun.

    ·     Alokasi Dana Desa (ADD), dalam Alokasi fisik, akan di implementasikan dengan cara pembentukan Tim Pelaksana Kerja Desa (TPKD) sehingga control masyarakan lebih mudah.

     

    b.      Dana Desa (DD)

    ·         Adanya transpansi dalam pengelolahan Dana Desa (DD), dimaksudkan guna setiap warga masyarakat Desa Pelem mengetahui DD setiap tahun.

    ·         Dana Desa (DD) dalam  Alokasi fisik, akan di implementasikan dengan cara pembentukan Tim Pelaksana Kerja Desa (TPKD) sehingga control masyarakat lebih mudah.

     

    c.       Melaksanakan Pembangunan dengan sebenarnya yang berpedoman pada Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang didahului oleh Musyawarah Mufakat dari masyarakat Desa Pelem.

     

    d.             Diusahakan semaksimal mungkin pembangunan fisik Desa Pelem dilakukan atas pendapat asli Desa Pelem jika tidak ada alokasi dana dari pemerintah di sektor tertentu yang dimaksud, sehingga proses pembangunan dari masyarakat oleh masyarakat, dan untuk masyarakat Desa Pelem.

     

     

     

    2.      PEMBANGUNAN NON FISIK  

     

    2.1.                         Kehidupan Beragama

    a.      Peningkatan aktifitas kehidupan beragama, baik mengoptimalkan jamiahan ataupun acara ta’lim dalam bermasyarakat.

    b.      Meningkatkan kerukunan serta toleransi dalam beragama, sehingga kehidupan yang nyaman dapat terwujud.

    c.       Menjaga serta melanjutkan sepenuhnya aktifitas beragama yang telah menjadi tradisi serta kebiasaan yang telah disepakati oleh masyarakat.

     

    2.2.Birokrasi Pemerintahan Desa

     

                                     1.         Penataan kembali kinerja pemerintah desa jika diperlukan guna pelayanan serta      kepuasan pelayanan terhadap masyarakat Desa Pelem.

                                     2.         Pengoptimalisasi tugas, wewenang serta fungsi structural pemerintah desa.

                                     3.         Pelayanan yang lebih dekat serta mudah terhadap kepentingan masyarakat.

                                    4.      Adanya sinkronasiserta komitmen kepuasan pelayanan yang dilakukan oleh              pemerintah desa serta jajarannya.

                                    5.        Lebih dekat serta kerja sama yang baik dengan BPD selaku mitra kerja Kepala          Desa serta lembaga Desa yang lain sehingga jalannya pemerintah Desa lebih          dapat terkontrol.

     

     

    2.3.Bidang Perekonomian

     

                                  1.             Memperluas lapangan kerja pada sektor-sektor produktif pada masyarakat. Seperti perikanan, industri kecil dan rumah tangga, pariwisata, serta usaha yang lainnya yang potensi dapat meningkstksn pentadatan ekonomi masyarakat.

                                  2.            Membuka seluas  luasnysa kemitraan sejajar dengan pihak lain dalam upaya meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat.

                                  3.            Meningkatkan sarana dan prasarana wilayah yang berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian masyarakat.

     

     

     

    2.4.Sosial Kemasyarakatan

     

    a.      Peningkatan peran serta tugas pemuda dalam masyarakat.

    b. Pemberdayaan pemuda dalam olah raga sehingga diharapkan prestasi dari pemuda – pemudi Desa Pelem yang mengharumkan nama Desa Pelem pada umumny.

    c.      Mengedepankan musyawarah mufakat antar anggota masyarakat.

    d. Bekerja sama dengan tokoh masyarakat, pemuda serta tokoh agama dalam membina serta berkehidupan masyarakat yang lebih baik, yang tidak  bertentangan dengan Pancasila dan Undang – Undang Dasar 45 sebagai jati diri Bangs.

     

     

    3.      Moto

     

    “ SEBUAH KARYA NYATA LEBIH BERARTI”

    DIBANDING SERIBU JANJI YANG BELUM PASTI

     

     

     

     

     

     

     

     

     

                                                                                                                                         Pelem, 4 Juli 2019

                                                                                                                     Hormat Saya,

     

     

     

                                                                                                                   MUJIALAM

     

     

     

     

     

    //i0.wp.com/pilkadestulungagung.id/uploads/cakades/3504040007_00049-img-20190703-wa0024.jpg?resize=300%2C400
    • Nama MUJIALAM
    • Alamat Rt 05 Rw 02 Dusun Pelem, Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung
    • Tempat, tanggal lahir Tulungagung, 15 Maret 1961
    • Jenis kelamin LAKI-LAKI
    • Agama ISLAM
    • Status perkawinan KAWIN
    • Pendidikan terakhir SLTA/SEDERAJAT
    • Pekerjaan PENSIUNAN
    • Pengalaman kerja - Menjabat Kepala Desa Pelem periode tahun 2013 - 2019
      - Pensiunan Pegawai Negeri Sipil ( PNS )
    • Pengalaman organisasi -
    how_to_vote 4.390

    Pemilih

    90,13 %

    % Suara

  • NUGROHO AGUS STYAWAN, SE
    NUGROHO AGUS STYAWAN, SE

    “PERDAMAIAN”

    “UNTUK DESA PELEM YANG DAMAI”

                 Perdamaian merupakan suatu situasi keadaan alam semesta beserta isinya yang sangat dibutuhkan dan didampakan bagi umat manusia di muka bumi, tidak terkecuali masyarakat desa Pelem. Perdamaian dapat diperoleh apabila kita selaku manusia yang bermartabat dan hidup bermasyarakat bisa saling menjaga tatanan kehidupan, baik hubungan antar umat manusia maupun hubungan dengan alam sekitarnya. Salah satu faktor penunjang tercapainya permaian adalah tatanan pemerintahan. Dalam ruang lingkup desa maka pemerintahan desa sangat memegang peran penting dalam hal perdamaian, dan untuk mencapai “ DESA PELEM YANG DAMAI” maka selaku calon kepala desa Pelem periode tahun 2019-2025. Dan apabila terpilih mampu memahami, mengerti, dan menjalankan fungsi dan tanggungjawab selaku kepala desa.

                 Untuk nantinya dalam pemerintahan saya akan menjalankan pemerintahan dengan sistem ‘’MUSTAJI”

    A. MUSYAWARAH

    B. TERBUKA

    C. ADIL

    D. JUJUR

    E. IKHLAS

    Dalam hal ini

    A. MUSYAWARAH

                 Segala sesuatu yang menyangkut desa dan masyarakat harus dimusyawarahkan terlebih dahulu baik dengan perangkat desa, BPD maupun unsur masyarakat yang lainnya. Karena dengan adanya musyawarah disamping untuk memecahkan permasalahan juga untuk mengantisipasi atau memperkecil permasalahan dikemudian hari.

    B. TERBUKA

                Segala sesuatu yang berkaitan dengan desa dan masyarakat tidak ada yang ditutup-tutupi atau disembunyikan. Semua elemen desa harus mengetahui hal tersebut diatas (musyawarah dan terbuka) khususnya masalah keuangan, baik bantuan pemerintah maupun aset desa karena masalah keuangan sangat rawan konflik. Apalagi selaku kepala desa memakai jimat “ AJI MUPUNG” bisa mengakibatkan “MILIK GENDONG LALI”

    C. ADIL

                Selaku kepala desa harus besifat adil, tidak bersikap “BANG CINDIL BANG CILADAN” . Tidak ada istilah ini pendukung saya, itu bukan pendukung saya, ini saudara atau bukan, ini kaya atau miskin. Semua harus diberlakukan sama yaitu masyarakat desa Pelem.

    D. JUJUR

                Setiap perkataan atau tindakan harus sesuai dengan kenyataan. Tidak menyampaikan suatu perkataan atau pernyataan dengan maksud tertentu atau demi jabatan untuk menarik simpati masyarakat. Karena setiap apa yang disampaikan oleh kepala desa minimal didengar hingga diugemi masyarakat “jare pak lurah ngene……” namun akhirnya tidak ada kenyataanya.

    E. IKHLAS

                Selaku kepala desa mengerjakan sesuatu atau memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan sebaik-baiknya karena rasa tanggugjawabya selaku kepala desa. Tidak mengerjakan sesuatu atau memberikan pelayanan terhadap masyarakat didasari adanya pamrih. Pamrih mendapatkan sesuatu imbalan atau demi melanggengkan jabatan.

                Disamping hal tersebut diatas sangat perlu sekali memperhatikan dan melaksanakan hal-hal sebagai berikut :

    1. Bidang Pelayanan Masyarakat

                Didalam melayani masyarakat terbuka 24 jam dan tidak harus di kantor desa, dimanapun dan kapanpun siap melayani.

    2. Bidang Pertanian

                Masyarakat desa Pelem mayoritas penduduknya dibidang pertanian. Dalam hal ini pemerintah desa sangat memegang peran penting dalam; -Bagaimana penyediaan pupuk bagi petani, -Bagaimana penyediaan bibit pertanian, -Bagaimana kondisi sungai atau parit perlukah untuk normalisasi/pengerukan apa tidak, -Serta peningkatan peran serta kelompok tani di wilayah desa Pelem.

    3. Bidang Ekonomi

                Peningkatan ekonomi masyarakat sangat diperlukan sekali, untuk itu peran serta pemerintah desa sangat diperlukan. Banyak sekali pelaku usaha tetapi kekurangan atau membutuhkan modal. Disini perlu dibentuknya suatu wadah pengelola keuangan, dalam hal ini “BUMDES” Badan Usaha Milik Desa. Yang mana bumdes ini nantinya yang menyediakan dan mengatur permodalan.

    4. Bidang Pariwisata

                Wilayah desa Pelem sangat potensial sekali digalakan tempat-tempat pariwisata salah satunya wisata alam yang suah ada adalah coban kromo. Atau tempat tempat wista religi. Disinilah perlunya penanganan dan pengelolaan yang baik dengan membentuk kelompok-kelompok sadar wisata atau POKDARWIS.

    5. Bidang Seni Budaya

                 Hal seni budaya sangat perlu dilestarikan, karena merupakan budaya adi luhung peninggalan leluhur. Desa pelem mempunyai warisan adat tradisi turun temurun yaitu “MANTEN KUCING” yang tidak hanya milik masyarakat desa Pelem tetapi sudah merupakan ikon kabupaten tulungagung. Selain itu juga ada seni tradisional jaranan, jedor, reog kendang, mocopat, dll. Jangan sampai budaya yang ada ini, punah dan hanya jadi kenangan.

    6. Bidang Kepemudaan

                Generasi muda sangat perlu sekali diperhatikan karena merupakan generasi penerus bangsa yang masih potensial untuk dilakukan pembinaan, yaitu “Karang Taruna” di dalam wadah inilah potensi-potensi yang ada dapat disalurkan. Baik bidang olahraga, maupun bidang wirausaha/ketrampilan sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru. Juga tidak kalah pentingnya dengan adanya wadah ini bisa menghindari para generasi muda terjerumus ke hal-hal negatif, seperti penyalahgunaan obat-obtn terlarang.

    7. Bidang Reboisasi

                 Letak wilayah desa Pelem yang berada di pinggiran pegunungan sangat potensial sekali terkena dampak banjir yang mengakibatkan cepatnya pendangkalan sungai-sungai yang ada di wilayah desa Pelem. Hal ini bisa diantisipasi apabila diakukan reboisasi diwilayah pegunungan maupun di lahan-lahan kosong.

    Hal tersebut diatas tidak mungkin berjalan normal, apabila tidak di topang pendanaan. Terkait kebutuhan dana dapat dialokasi dari dana bantuan pemerintah (dana desa) maupun dari dana aset desa. Untuk itu perlunya pegalokasian yang terbaik dan terbuka.

    Dari uaraian tersebut diatas apabila benar-benar dilaksanakan maka untuk mencapai desa pelem yang damai dapat terwujud.

    Demikian visi misi yang dapat saya paparkan dan sebelum saya akhiri perlu kiranya saran dan kritik dari semua pihak. Juga tidak lupa saya sertakan surat pernyataan sikap saya yang telah saya sampaikan secara luas kepada masyarakat sebagai pegangan khususnya pribadi saya dan umumnya masyarakat desa pelem.

    Terima kasih.

                                                                                                                                        Penyusun

                                                                                                                            Calon Kepala Desa Pelem

                                                                                                                            Periode Tahun 2019-2025


                                                                                                                        NUGROHO AGUS STAWAN S.E

    Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada

    1. Istri tercinta

    2. Anak, menantu, cucu tersayang

    3. Kakak, adik, saudara lainnya

    4. Sanak, famili, kerabat

    5. Panitia penyelenggara PILKADES

    6. Pemerintah desa Pelem

    7. BPD maupun lembaga desa lainnya

    8. Seluruh masyarakat desa Pelem

                                 Yang mana dari yang disebutkan di atas telah memberikan bantuan khususnya moril kepada saya. Untuk itu saya tidak bisa membalas semua kebaikannya, saya kembalikan kepada Allah SWT. Semoga apa yang diberikan kepada saya dicatat menjadi amal masyakah waddinni wal akhirah.


                                                                                SURAT PERNYATAAN

    Yang bertanda tangan dibawah ini :

    Nama                                 : NUGROHO AGUS STYAWAN S.E

    Tempat, tanggal lahir     : Tulungagung,11 Agustus 1967

    Umur                                  : 52 tahun

    Jenis kelamin                    : Laki-Laki

    Pekerjaan                            : Swasta

    Alamat                                 : RT 03 RW 01 Dusun Bangak Desa Pelem Kecamatan Campurdarat                                                                  Kabupaten Tulungagung

    Dengan ini menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa :

    Apabila saya terpilih dan mengemban amanah sebagai Kepala Desa Pelem Periode 2019-2025 maka :

    Saya akan melaksanakan hal - hal sebagai berikut :

    1. Melaksanakan tugas dan kewajiban kepala desa dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung     jawab sesuai dengan undang – undang dan peraturan yang berlaku.

    2. Menjalankan pemerintah dengan system : “MUSTAJI”

        -MUSyawarah, TERbuka, Adil, Jujur, dan Ikhlas.

    3. Pengelolaan keuangan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) atau bantuan Pemerintah     lainya secara terbuka dan ditangani oleh Tim yang dibentuk dengan berpedoman peraturan yang     ada.

    4. Pengelolaan Keuangan aset desa (Tanah Kas Desa) seluas ± 16 bahu dan senilai ± Rp. 156 juta.     System sewa pertahun dengan cara :

        a. Lelang terbuka dengan mengundang warga masyarakat

        b. Lelang dilaksanakan setiap akhir tahun

        c. Pelaksanaan lelang bertempat di balai desa

        d. Lelang dilaksankan oleh panitia lelang yang dibentuk terlebih dahulu

        e. Peserta lelang penduduk desa pelem dan berdomisili di desa pelem

        f. Peserta lelang hanya mendapat satu (1) kali garapan dan satu (1) bagian di setiap tahunnya

        g. Hal-hal lain yang menyangkut lelang akan diatur oleh panitia lelang

    5. Hasil sewa lelang akan dicatat di kas desa dan tertuang di APBDes dan pengelolaannya dengan     cara :

        a. Dibentuk lembaga atau sebutan lainya yang bertugas mengelola dana hasil lelang

        b. Pengurus diambilkan dari unsur masyarakat dengan keterwakilan tiap-tiap dusun.

        c. Dana hasil lelang dipergunakan untuk kegiatan atau kebutuhan masyarakat antara lain :

    1. Simpan pinjam atau permodalan

    2. Mengatasi keadaan darurat banjir (Pengerukan sungai atau parit)

    3. Bersih desa

    4. Peringatan Hari Besar Nasional

    5. Kegiatan atau kebutuhan lainnya

        d. Penggunaan dana tersebut diputuskan melalui musyawarah antara Pemerintah Desa BPD dan     unsur masyarakat dengan pertimbangan skala prioritas.

    6. Apabila saya selama mengemban amanah sebagai Kepala Desa Pelem periode tahun 2019-2025,     mengabaikan dan atau tidak sesuai dengan pernyataan saya ini, maka saya dengan ikhlas     mengundurkan diri dari jabatan Kepala Desa Pelem periode tahun 2019-2025

    Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan kesaaran penuh dan akan saya pertanggungjawabkan di DUNIA dan di AKHIRAT.

                                                                                                                                    Pelem, 17 Mei 2019

                                                                                                                            Yang membuat pernyataan



                                                                                                                        NUGROHO AGUS STYAWAN, S.E

    //i0.wp.com/pilkadestulungagung.id/uploads/cakades/3504040007_00060-aaaaaa.jpg?resize=300%2C400
    • Nama NUGROHO AGUS STYAWAN, SE
    • Alamat Rt 03 Rw 01 Dusun Bangak, Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung
    • Tempat, tanggal lahir Tulungagung, 11 Agustus 1967
    • Jenis kelamin LAKI-LAKI
    • Agama ISLAM
    • Status perkawinan KAWIN
    • Pendidikan terakhir DIPLOMA IV/STRATA I
    • Pekerjaan WIRASWASTA
    • Pengalaman kerja - Menjabat Kepala Desa Pelem periode tahun 2007 - 2012
    • Pengalaman organisasi -
    how_to_vote 481

    Pemilih

    9,87 %

    % Suara

4.871
52
4.923
6.350
77,53 %
style

Publikasi